Sabtu, 24 April 2010

Perguruan Tinggi Idaman

Ini adalah artikel saya tentang "Perguruan Tinggi Idaman" dalam rangka Lomba Blog UII

Buat anak-anak SMA yang sudah menyelesaikan sekolahnya tahun ini, apakah kalian sudah mempunyai rencana untuk masuk ke Perguruan Tinggi idaman kalian??? Pastinya semua sudah ada rencana dong. Saya pun juga sudah mempunyai rencana untuk itu walaupun belum melihat pengumuman hasil Ujian Nasional (heheehe). Terus, apa yang akan kalian pilih nantinya? Ya tentu saja kalian akan memilih Perguruan Tinggi favorit yang ada di Indonesia. Ngomong-ngomong soal perguruan tinggi, ada beberapa hal ni yang harus kalian siapkan agar bisa masuk ke perguruan tinggi terbaik, baik perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta.

  1. Kalian sudah mempersiapkan diri untuk ikut SNMPTN, UMB PTN, UMB PTS, PMB UII
  2. Sudah matang dalam memilih fakultas yang diinginkan, agar tidak menyesal dikemudian hari.
  3. Pilih fakultas yang banyak lapangan kerjanya agar nanti tidak menjadi sarjana yang menganggur.
  4. Kalau kamu mau kuliah di luar kota, cari kos-kosan yang dekat dari perguruan tinggi.
Baiklah, langsung saja ke pokok pembicaraanya, apakah arti perguruan tinggi idaman menurut kalian?
Beberapa teman saya mendefinisikan perguruan tinggi idaman itu adalah perguruan tinggi yang berkualitas, terakreditasi, terkenal, masuk 10 besar di Indonesia, maunya yang perguruan tinggi negeri, murah, tidak jauh dari rumah, lapangan kerja setelah lulus banyak, dan sebagainya.
Memang sih, menurut saya perguruan tinggi idaman itu adalah perguruan tinggi yang bagus dan berkualitas, baik negeri ataupun swasta. Alasan lain perguruan tinggi idaman adalah perguruan tinggi yang membahas ilmu agama Islam lebih dalam seperti UII ( Universitas Islam Indonesia), IAIN, UISU, dan lain-lain, karena kita tidak hanya belajar untuk dunia, untuk akhirat juga harus dipelajari dong.

Perguruan tinggi idaman yang akan kita pilih itu pastikan kualitas belajar mengajarnya baik, pilih fakultas yang kalian inginkan, jangan mau terprovokasi teman. Kebanyakan calon mahasiswa sekarang lebih memilih ikut fakultas hebat seperti Kedokteran, atau diajak teman bukan atas dasar kemauan sendiri. Saya rasa itu akan sulit dijalani bila kita tidak menyukai fakultas tersebut. Pilih fakultas yang sesuai dengan kemampuan, baik dari segi otak maupun biaya. Kalau otak sudah bisa menerima, kita tidak perlu memikirkan biaya, karena kebanyakan perguruan tinggi menyediakan banyak beasiswa.

"Raihlah cita-citamu sesuai keinginanmu". Jadikanlah kalimat itu sebagai motivasi kalian untuk masuk ke perguruan tinggi idaman. Karena tanpa cita-cita, kita akan bingung harus menuju kemana, masuk perguruan tinggi apa, fakultas yang mana, dan pertanyaan-pertanyaan lain. Mulai dari sekarang pikirkanlah perguruan tinggi dan fakultas terbaik menurut kalian, belajar setiap hari, dan jangan malas membahas soal-soal. Dengan belajar yang tekun dan semangat yang tinggi, InsyaAllah kita bisa masuk perguruan tinggi yang telah kita idam-idamkan.
Good Luck untuk calon mahasiswa yang ada di Indonesia, semoga kalian lulus di perguruan tinggi favorit kalian....!!!

2 komentar:

bayuk mengatakan...

perguruan tinggi idaman itu yang bisa explorasi kemampuan kita jadi lebih siip...

ilmu kita-kita mengatakan...

iya mas..
sipp lha...
makasi komen nya mas...

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berarti

>

Guestbook Rolling Widget

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms